Senin, 28 Agustus 2017

Training Damkar Kering di PT Polychem Lindo

Jumat, 25 Agustus 2017 untuk kesekian kalinya Dept. HSE di PT. Polychem Lindo mengadakan Training Damkar (pemadam kebakaran). Training Damkar diadakan sebagai upaya pencegahan dan penaggulangan bahaya kebakaran di lingkungan PT. Polychem Lindo. Dengan diadakannya training damkar ini diharapkan karyawan bisa lebih siap, tanggap, tidak panik apabila terjadi kebakaran dan mampu menggunakan peralatan pemadam kebakaran serta mampu melakukan pemadaman.



Pada training damkar kali ini difokuskan untuk penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Materi training dan tata cara penggunaan apar dijelaskan oleh Bpk. Bahtiar Munji selaku Trainer dengan dibantu oleh Bpk Rudiyanto dan Bpk. Hairul Anam yang telah berpengalaman dalam menggunakan apar dan mengikuti pelatihan damkar.



Training diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari berbagai departemen. Training dimulai dengan doa dan dilanjutkan dengan penjelasan dari trainer tentang peralatan yang akan digunakan untuk training seperti jenis-jenis apar (cair,foam,CO2 dan Powder), indikator pengecekan apar dan tata cara penggunaan apar. Tidak hanya teori/materi, latihan/praktek langsung di lapangan dengan titik api juga dilakukan.  Bahan yang diperlukan untuk praktek penggunaan apar yaitu apar, drum catcher, kayu, BKC dan korek api untuk menghidupkan api.



Semua Karyawan yang ikut dalam Training Damkar dibimbing dan diberi kesempatan untuk memadamkan api. Dengan bimbingan dari trainer, kegiatan training damkar bisa berjalan dengan baik dan tidak ada hal buruk yang terjadi. Meskipun tidak sempurna karena masih ada kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan peserta. Evaluasi terus dilakukan dan diharapkan kedepannya karyawan PT. Polychem Lindo bisa menggunakan dan mengoperasikan peralatan damkar dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar